Tips Meringankan Beban Keuangan Saat Masih Ngontrak


koncomade.com - Dapat berhemat dan memiliki uang banyak tak bisa dipungkiri merupakan keinginan semua orang. Keinginan untuk menabung selalu gagal disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gaya hidup yang tinggi, kebutuhan darurat, hingga besarnya tagihan bulanan seperti, makanan, bensin, ataupun membayar tempat, tinggal baik itu kost ataupun kontrakan.

Membayar tempat tinggal selalu menjadi polemik utama, di berbagai kotak besar, terutama ibu kota Indonesia yaitu Jakarta harga tempat tinggal sangatlah mahal. Lantas bagaimana tips untuk berhemat jika setiap bulannya harus ada pengeluar untuk mebayar uang tempat tinggal?

1. Jangan lupa investasi

Investasi merupakan hal yang paling penting dalam menjalani kehidupan, beragam bentuk investasi mulai dari deposito, pasar uang, obligasi, emas, ataupun saham. Silahkan sisihkan uang kalian setiap bulannya untuk berinvestasi.

2. Tentukan tempat tinggal yang tepat

Memilih tempat tinggal yang tepat bagaimana? Sangat disarankan tempat tinggal kalian dekat dengan kantor atau tempat kalian bekerja, jadi selain menghemat waktu bisa juga menghemat ongkos ataupun uang bensin yang harus kalian keluarkan setiap bulannya. Silahkan survey dengan teliti kost ataupun kontrakan di sekitar tempat tinggal kalian, mulai dari biaya, kenyamanan dan keamanan.


3. Lebih baik untuk hidup berhemat dengan cara memasak

Daripada mengeluarkan budget setiap harinya untuk membeli makanan, memasak bisa menjadi solusi hemat. Jika tidak pintar memasak bagaimana? Silahkan beri rice cooker / penanak nasi, jadi kalian hanya membeli lauk di warung.

4. Menetapkan anggaran di awal bulan

Lebih baik mengatur semua pengeluaran di awal bulan, mulai dari biaya kontrakan, makan, kebutuhan diri, dana darurat, hingga tabungan. Jangan coba menghabiskan uang di luar porsi yang ditetapkan di awal.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba tips berhemat meski harus bayar kost setiap bulannya? berhemat sangatlah penting, dengan berhemat kita bisa menabung dan bisa membeli hal yang kita inginkan ataupun rumah di masa depan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama