Mari Bedah Saham DWGL Sebagai Pertimbangan Investasi Jangka Panjang

Saham DWGL memiliki posisi stabil setelah perusahaan PT Dwi Guna Laksana mengalami kerugian di 2018-2019. Saat ini, nilai DWGL masih rendah, tapi potensi kedepannya terkesan menarik terutama untuk investasi jangka panjang.

Investasi dalam industri pertambangan saat ini memang menarik. Karena harga – harga kebutuhan tambang naik, keuntungan banyak perusahaan tambang juga meningkat. Salah satu saham perusahaan industri tambang yang bisa dipertimbangkan antara lain adalah DWGL. Tertarik invetasi di sini? Mari bedah saham DWGL terlebih dahulu!

Mengapa Pilih Saham DWGL?

Jika lakukan analisa bedah saham beli, Anda akan lebih pasti soal posisi saham tersebut. Saham ini banyak dilirik karena tergolong saham yang berpotensi. Sayangnya, potensi ini masih labil dan belum sebaik banyak perusahaan tambang besar di Indonesia.

Walaupun begitu, jika menanam saham di sini sejak posisinya masih kecil, mereka bisa berkembang besar ke depannya. Untuk jangka panjang, mencari perusahaan yang berpotensi seperti ini pasti menguntungkan. Sebelum banyak orang sadar akan value-nya, Anda sudah pasang investasi di sini dan dapat meraih untung lebih banyak ke depannya.

Profil Singkat Tentang Saham DWGL

Anda harus tahu bahwa DWGL adalah saham perusahaan PT Dwi Guna Laksana Tbk. Perusahaan ini bergerak di industri pertambangan Indonesia dan merupakan anak perusahaan dari Hawthorn-Capital Investment Pte. Ltd.

Perusahaan tambahan ini sebenarnya tidak hanya melayani seputar pertambangan saja, tapi juga berbagai kebutuhan akses tambang. Mulai dari jasa pelabuhan, distribusi, peremukan, pengolahan, dan pengangkutan, juga termasuk pada cakupan perusahaan ini.


Dari segi perusahaan, mereka sudah berdiri sejak tahun 1986 dan banyak dinilai stabil dalam pengelolaan usahanya. Sayangnya pada saat IPO menjual DWGL, mereka dipandang kurang memuaskan. Walaupun begitu, bagi yang tertarik, tidak ada salahnya investasi di sini.

Untuk memastikan Anda lebih yakin beli saham DWGL, ada baiknya melakukan analisa lebih dalam seputar data perusahaannya. Dari sini, Anda dapat tentukan sendiri apakah DWGL menarik di tahun 2023 ini.

Informasi Net Profit

Profit dapat menjadi patokan untuk melihat kesehatan perusahaan. Saham DWGL sendiri tergolong solid dari segi perkembangan segi profit. Walaupun tidak sepenuhnya sering untung, operasi perusahaan ini sudah cukup positif akhir – akhir ini.

Dari data yang ditemukan pada pembukuan net profit PT Dwi Guna Laksana Tbk, dapat dilihat kerugian pada tahun 2018 dan 2019 yang cukup besar. Kerugian pada tahun 2018 mencapai 30,9 juta Rupiah dan 2019 mencapai 21,7 juta Rupiah.

Walaupun sempat rugi di tahun tersebut, perusahaan ini bisa menjaga stabil kondisi perusahaan dan mulai membuat untung besar di tahun 2020 sampai 2022 lalu. Pada 2020, perusahaan menghasilkan net profit sebesar  35,6 juta Rupiah. Pada 2021 bertambah lagi menjadi 94,2 juta Rupiah. Sayangnya pada 2022, keuntungan menurun menjadi 65,7 juta Rupiah.

Posisi yang naik turun profit ini masih tergolong bagus. Jika dibandingkan dengan bahasan bedah saham PGEO, posisinya memang kurang memuaskan. Angka net profit berangsur positif, tapi harus dipertahankan. Tanpa data profit yang baik, tidak mungkin orang akan melirik saham DWGL.

Informasi Perkembangan Aset

Sama seperti bahasan bedah saham HAJJ, untuk dapat menilai kesehatan saham, harus dilihat juga info perkembangan aset perusahaannya. Perusahaan PT Dwi Guna Laksana Tbk terdaftar memiliki aset sebesar 1,6 triliun pada tahun 2018 lalu.

Pada tahun 2019 dan 2020, perkembangan aset ini sayangnya kurang baik. Pada tahun 2019, aset menurun menjadi 863,9 miliar Rupiah. Sedangkan pada tahun 2020 menjadi 703,7 miliar Rupiah. Besaran ini untungnya mulai recovery pada tahun 2021 dan 2022.


Terhitung pada tahun 2021, aset telah mencapai 1,2 triliun Rupiah. Pada tahun 2022, aset mulai berkembang lebih besar dari tahun 2018 dan mencapai angka 1,7 triliun Rupiah. Sayangnya, angka perkembangan ini masih mengecewakan di mata banyak investor.

Walaupun banyak dipandang remeh dari segi aset, fundamental perusahaan masih cukup baik. Jika aset terus berkembang dan tidak turun lagi satu atau dua tahun mendatang, posisi PT Dwi Guna Laksana Tbk akan lebih baik.

Informasi Earning Per Share

Bedah saham DWGL juga harus melihat info earning per share dari perusahaan ini. Berdasarkan data yang dikumpulkan, sempat berada di posisi negatif pada tahun 2018 dan 2019. Masing – masing memberikan kerugian sebesar -4 per share pada 2018 dan -2 per share pada 2019.

Untungnya, posisi ini mulai stabil. Jika dinilai stabil, posisi DWGL mirip dengan hasil analisa bedah saham PIPA. Posisi stabil ini dimulai dari tahun 2020 sampai 2022. Pada tahun 2020, nilai tambah per share menjadi 4. Sedangkan pada tahun 2021 dan 2022 menjadi 11 dan 7 per share-nya.

Walaupun turun di tahun 2022, angka ini tetap berada di posisi positif dan dapat berkembang lagi ke depannya.

Analisa Fundamental Saham DWGL

Berdasarkan 3 data di atas, Anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana fundamental dari perusahaan PT Dwi Guna Laksana Tbk. Walaupun untuk analisa lebih dalam butuh indicator saham lebih banyak, data di atas sudah cukup untuk cek kemampuan saham untuk berkembang.

Dibandingkan saham INDY, posisi DWGL memang kurang menarik. Namun, harga saham INDY sudah terlalu tinggi untuk mulai beli sekarang. Jika ambil DWGL dengan fundamental cukup stabil dan memiliki potensi naik, Anda akan jauh lebih untung jika mereka sukses beberapa tahun mendatang.

Dari data bedah saham NCKL, Anda bisa melihat pergerakan saham DWGL juga belum optimal. NCKL sudah lama recover dari posisi buruk dan menjadi saham menarik untuk diambil. Sebaliknya, DWGL masih dalam posisi recovery.


Pada posisi tahun 2020, 2021 dan 2022, DWGL memang tergolong aset menarik yang terus naik indikator fundamentalnya. Sayangnya, jika melihat masalah di tahun 2018 dan 2019, Anda pasti masih kurang yakin.

Memang mengambil posisi invest di DWGL masih berisiko pada tahun 2023 ini. Namun, banyak faktor lain dapat mendorong posisi DWGL lebih meningkat ke depannya. Jadi, untuk hasilkan lebih banyak untung, tidak ada salahnya ambil risiko sedikit lebih besar.

Risiko ini mirip seperti membahas Bank Neo saham. Bank digital memiliki potensi runtuh kapan saja dan bergantung pada kondisi ekonomi. Jika terjadi krisis sedikit saja, bank digital ini bisa hilang nilai. Jadi jangan remehkan faktor eksternal saat analisa DWGL walaupun fundamentalnya bagus.

Ketentuan beli atau tidak masih ada di tangan Anda sendiri. Jika menurut Anda risiko untung yang tersedia lebih menarik dan yakin tidak akan kena masalah, tidak ada salahnya beli DWGL sekarang.

Prospek Ke Depannya

Prospek ke depan untuk industri tambang memang menarik. Saat ini banyak huru-hara masih berkobar seputar ekspor impor hasil tambang Indonesia. Namun, jika hal ini sudah mulus, peluang DWGL naik dan berkembang jauh lebih besar.

Hal ini dapat disamakan dengan potensi saham SEA yang sebelumnya diremehkan sebagai industri pelopor industri game di Asia Tenggara. Namun sekarang, posisi SEA cukup solid setelah budaya mobile game menjadi fondasi bisnis yang menarik di area ASEAN.

Program Indonesia untuk pengembangan value olahan tambang untuk ekspor akan menjadi faktor penting. Naik atau turunnya DWGL akan bergantung dari perkembangan negosiasi internasional Indonesia seputar pengolahan dan ekspor tambang.


Jadi, walaupun secara fundamental DWGL makin naik, potensi ke depannya masih bergantung pada posisi negara Indonesia sendiri.  Namun, ada efek positif dalam pertambangan, DWGL nilainya bisa melejit tinggi dan hasilkan untung besar.

Sekian analisa dan bahasan bedah saham DWGL. Kebutuhan investasi jangka panjang di DWGL ada di tangan Anda sendiri. Jadi, tentukan sendiri menggunakan info ini untuk kebutuhan investasi Anda!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama