7 Saham Yang Mengalami Kejatuhan Harga Terendah


koncomade.com - Duh, jangan pernah deh sekali-kali berpikiran kalau para investor atau trader saham itu selalu cuan, semua hal itu pasti ada bolak baliknya. Ada cuan berarti ada boncos juga, kalau ingin masuk ke dalam dunia saham berarti ingat hal tersebut, memang benar ada yang cuan ratusan persen, namun ada juga kemungkinan boncos hingga 100% juga.

Emang apa saja sih saham yang pernah bikin bangkrut investornya?

1. PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) -97%

Didirikan tanggal 26 Agustus 1998 merupakan perusahaan yang beroperasi sebagai penyedia jasa transportasi laut ini pernah mengalami kejatuhan yang sangat dalam, hanya dalam waktu 7 bulan yang awalnya memiliki harga 3,960 IDR menjadi 52 IDR.

2. PT Bumi Resources Tbk (BUMI) -95%

Didirikan tanggal 26 Juni 1973 merupakan salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia ini juga mengalami harga jatuh yang ekstrem, lagi-lagi hanya dalam waktu 7 bulan dari 8,445 IDR ke 375 IDR. Duh, mengerikan sekali, padahal dulu ini saham blue chip, lho!


3. Polaris Investama Tbk (PLAS) -97%

Didirikan pada tanggal 23 Juli 1992 merupakan perusahan yang bergerak pada bidang investasi, jatuhnya bikin merinding, hanya dalam waktu 4 bulan cukup bikin investornya gigit jari, bagaimana tidak dari harga awal 1,640 IDR jadi 50 IDR.

4. PT Bliss Properti Indonesia Tbk (POSA) -95%

Didirikan pada tahun 2010, dari namanya sudah pasti tau dong ini perusahaan bergerak di bidang apa? Ya, perusahaan ini bergerak di bidang properti. Lagi-lagi hanya dalam waktu 4 bulan saja, dari harga awal 935 IDR ke 50 IDR, mengerikan!

5. PT Bhakti Agung Propertindo Tbk (BAPI) -80%

Didirikan pada tanggal 20 Juli 2012, lagi-lagi perusahaan yang bergerak di bidang properti bikin investornya melarat, bagaimana tidak? Dari harga 252 IDR jadi 50 IDR.

6. PT Djasa Ubersakti Tbk (PTDU) -98%

Beroperasi mulai sejak tahun 1971, perusahaan yang bergerak di bidang kegiatan konstruksi ini sukses bikin investornya pusing 7 keliling, hanya dalam 10 bulan dari harga 3,970 IDR jadi 52 IDR dong, tidak terbayangkan bagaimana raut wajah investor yang melakukan DCA (Dollar cost averaging) terhadap saham ini. 

Niatnya ngambil harga terendah untuk mengambil keuntungan tertinggi nantinya, eh malah boncos super boncos.

7. PT Envy Technologies Indonesia Tbk (ENVY) -98%

Didirikan 27 September 2004, perusahaan ini bergerak pada bidang jasa penyimpanan dan perencanaan sistem informasi, lagi-lagi hanya dalam waktu 10 bulan bikin investornya kerut dahi, bagaimana tidak dari harga 3,040 IDR ke 50 IDR.

Apa dengan informasi ini kalian masih berani bermain saham? Atau kalian pernah jadi salah satu orang yang pernah beli saham di atas? Selalu Ingat dalam melakukan pembelian saham selalu DYOR lakukan risetmu sendiri, dan kalau kata orang-orang sih, gunakan uang dingin. Tapi uang dingin kalau lost tetap aja sih bikin geram.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama