Harga Wajar Saham Sido Akhirnya Rebound, Begini Prospeknya

Harga wajar saham Sido Muncul atau PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido) akhirnya berhasil menghijau lagi. Setelah sempat mengalami penurunan selama beberapa hari terakhir.

Dalam beberapa hari terakhir, saham Sido Muncul terus mengalami penurunan hingga terkena Auto Reject Bawah (ARB) pada perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebelumnya saham Sido berada pada level terendah sepanjang tahun ini.

Saham Sido saat ini kembali bertengger ke level Rp 805 dibandingkan pada penutupan kemarin Rp 790 atau level terendah sepanjang tahun ini. Saham Sido bergerak pada angka Rp740 - 810 pada perdagangan hari ini.

Penurunan saham SIDO selama beberapa terakhir disebabkan oleh kekecewan pasar akan kinerja Sido Muncul setelah mencatatkan penurunan penjulana sebesar 2.42% menjadi Rp 1.61 triliun jika dibandingkan pada periode sebelumnya sebesar Rp 1.65 triliun.

Prospek Harga Wajar Saham Sido Saat ini

Penurunan kinerja keuangan tersebut membuat Trimegah Sekuritas dan BRI Danareksa Sekuritas memutuskan untuk memangkas turun target kinerka keuangan dan saham Sido. Meski direvisi turun, akan tetapi ruang penguatan saham Sido masih terbuka.

BRI Sekuritas memangkas turun target laba bersih Sido dari angka Rp 1.43 triliun menjadi Rp 1.07 triliun. Tidak hanya itu, proyeksi pendapatan juga direvisi turun dari Rp 4.6 triliun menjadi Rp .57 triliun.

Untuk meningkatkan nilai harga wajar saham Sido, sekuritas juga memangkas asumsi volume penjualan produk herbal Sido Muncul dengan potensi penurunan 20.8 persen pada tahun ini. Sedangkan untuk rata-rata harga jual produk diprediksi akan naik 3% pada tahun ini.


Kondisi ini mendorong BRI Danareksa Sekuritas untuk melakukan revisi turun rekomendasi saham Sido dari BUY menjadi HOLD. Langkah yang dilakukan dengan target harga dipangkas dari Rp 1.100 menjadi Rp 800. Langkah serupa juga dilakukan Trimegah Sekuritas dengan memangkas turun dari Rp 1.200 menjadi Rp 950.

Kondisi perekonomian yang semakin stabil semakin memperbesar potensi tersebut. Meski sempat mengalami penurunan, akan tetapi harga wajar saham Sido Muncul diperkirakan akan menguat kembali.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama