Tips Menjaga Keamanan Wallet dan Terhindar dari Phishing Attack


koncomade.com - Pasti pernah mendengar cerita orang atau malah mengalami sendiri kehilangan uang ataupun akun entah itu di trustwallet, paypal, coinbase, binance, shopee, bukalapak, tokopedia, ajaib, stockbit, dana, ovo, gopay dan berbagai jenis wallet atau aplikasi tempat di mana aset berada.

Tentu pasti keselnya bukan main, apalagi aset yang kalian letakkan pada wallet tersebut merupakan uang yang telah kalian kumpul dalam waktu lama. Gimana sih caranya mereka orang yang tidak bertanggung jawab ini mencuri data-data?

Salah satu cara yang paling umum ialah phishing attack (serangan phising), bagaimana cara kerjanya?

Melakukan spam melalui email atau berbagai media lainnya

Jika dapat pesan masuk di email entah itu ada transaksi mencurigakan pada wallet, mendapatkan voucher, ataupun hal yang membuat akun wallet seolah terkunci dan memerlukan data tambahan untuk membuka kembali akun wallet tersebut, dan berbagai muslihat yang membuat takut atau tertarik untuk membuka link yang diberikan.

Bagaimana cara mengatasi spam dan menjaga keamanan wallet?  

1. Pastikan sumber pesan

Jika dapat email tersebut sebaiknya  cek valid dan tidaknya terlebih dahulu sumber pesan tersebut. Biasanya hacker mengirim email mengatasnamakan wallet yang kamu miliki, coba cek email pengirim dan cocokkan pada contact support di situs wallet.


2. Jangan sembarangan untuk klik link yang diberikan

Sangat disarankan untuk tidak klik link pada pesan masuk di email kamu, karena biasanya link tersebut berisi virus atau malware yang dapat memata-matai atau mencuri data penting kalian.

3. Pastikan kamu berada di situs yang benar

Jika kalian tidak sengaja klik link, pastikan situs yang kalian browsing saat ini benar. Jangan asal isi data hanya karena situs yang saat ini kamu jelajahi sangat mirip dengan situs wallet tempat kamu menyimpan aset.

Karena memang situs tersebut dirancang semirip mungkin, namun untuk nama domain pasti ada perbedaan, contoh paypal.com (resmi) menjadi paypaal.com (tidak resmi).

4. Buat password yang aman

Bagaimana password yang aman? Disarankan ada huruf besar, simbol, dan kata-kata yang tidak pasaran. Jangan pernah untuk membuat password yang sama pada setiap wallet dan social media, karena jika 1 ketahuan maka keseluruhan kena juga.

Itu beberapa tips menjaga akun wallet agar jangan sampai aset kamu tercuri, apalagi kasus phishing attack ini sedang marak, bahkan FBI memberikan perhatian khusus pada Indonesia karena ada seorang lelaki berasal dari pekan baru melakukan phishing attack dan meraup miliaran rupiah setelah berhasil membobol wallet dari pengguna coinbase.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama