Langkah-langkah Membeli Saham NASDAQ

NASDAQ adalah singkatan National Association of Securities Dealers Automated Quotations Exchange, yang menjadi salah satu bursa saham tertua di dunia, khususnya untuk perdagangan saham perusahaan elektronik.

Meskipun NASDAQ dikenal sebagai bursa elektronik, namun juga mencakup emiten dari beberapa sektor lain seperti restoran, pariwisata, dan ritel. Hanya sektor keuangan yang tidak termasuk dalam indeks NASDAQ. 

Jika Anda berencana membeli saham NASDAQ, berikut cara beli saham NASDAQ.

1. Memilih Broker Terpercaya

Anda harus membuka rekening di sekuritas asing yang melayani bursa Nasdaq.

Anda tidak dapat menggunakan sekuritas di Indonesia, karena tidak dapat diperdagangkan di bursa efek luar negeri, hanya ditujukan untuk perdagangan di bursa efek Indonesia.


Akan tetapi, jangan khawatir. Saat ini, sudah banyak broker asing yang melayani investor dari Indonesia. Pembukaan rekening dengan broker luar negeri ini cukup dilakukan secara online dan tidak harus tatap muka. 

2. Membuka Rekening Broker

Setelah Anda memutuskan broker, langkah selanjutnya adalah membuka rekening dengan broker tersebut dan menyelesaikan proses KYC (Know Your Customer).

Proses KYC untuk pembukaan akun adalah dengan mengisi formulir, menjawab, konfirmasi pertanyaan, dan mengupload dokumen identitas. Kemudian, Anda menunggu verifikasi data oleh broker tersebut. Setelah itu, setor uang deposit ke rekening sesuai dengan ketentuan.

3. Menyetorkan Minimum Deposit

Kita perlu mengetahui minimum deposit ketika membuka rekening di broker luar negeri.

Mungkin banyak dari kita yang menganggap minimal deposit broker luar negeri itu mahal. Nyatanya, beberapa broker luar negeri mensyaratkan minimal deposit saat membuka akun. Mereka hanya meminta investor menyetor uang saat  membeli saham.

Setelah membuka akun rekening, bisa dilanjutkan dengan Anda melakukan deposit ke rekening broker yang telah ditentukan.


Seperti di Indonesia, rekening nasabah dipisahkan dari rekening broker. Ini untuk melindungi nasabah. Selain itu, metode deposit dalam mata uang. Biasanya dalam dolar AS atau dolar Singapura. Anda harus melakukan transfer dari mata uang rupiah ke dalam mata uang US dollar ke rekening broker di luar negeri.

4. Mempelajari kode saham di Bursa Nasdaq

Anda telah membuka rekening, juga melakukan deposit, kini saatnya trading dengan cara jual beli saham NASDAQ.

Namun sebelum itu, Anda perlu mempelajari kode saham yang dibeli di bursa Nasdaq. Mengetahui kode saham, Anda bisa melakukan analisis dan kemungkinan mengetahui cara membeli saham NASDAQ nanti. 

6. Analisa Saham

Broker memberikan informasi yang komprehensif untuk menganalisis kinerja perusahaan. Informasinya up-to-date dan gratis untuk klien broker.

Gunakan informasi ini untuk membuat analisis perusahaan yang lengkap dan terperinci sebelum Anda membeli sahamnya.

Jadi, cara jual beli saham NASDAQ, sebaiknya Anda melakukan analisa terlebih dahulu. 

7. Order Beli Saham Nasdaq

Pastikan dana yang disetorkan cukup untuk beli saham NASDAQ, sesuai dengan jumlah saham yang diinginkan. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama