Prediksi Harga Solana Tahun 2022: Apakah Masih Layak Beli?

koncomade.com - Meski bukan termasuk kategori cryptocurrency baru, namun prediksi harga Solana masih terus menjadi topik pembicaraan di komunitas kripto. Mengingat betapa besar daya tarik dan popularitasnya dalam beberapa bulan terakhir ini.

Kenaikannya cukup menarik perhatian banyak investor, terutama sejak polemik Rusia-Ukraina beberapa waktu kemarin. Bahkan di tengah-tengah konflik Maret silam, harga Solana (SOL) mengalami kenaikan hingga 2,66% dalam 24 jam terakhir.

Meskipun begitu, memperkirakan nilai cryptocurrency di masa depan, termasuk prediksi harga Solana memang tidak mudah. Lantas, bagaimana prediksi harga dan prospeknya di mana depan nanti? Simak ulasan informasi prediksi berikut.

Update Informasi Terbaru Solana (SOL)

Solana (SOL) adalah blockchain keluaran tinggi yang berbasis konsensus Proof of History (PoH) dan Proof of Stake (PoS). Dibangun tim insinyur jaringan, Solana bertujuan menjadi infrastruktur blockchain aplikasi internet modern.

Tujuan umum blockhain ini mirip dengan Ethereum, bedanya pengembang menulis aplikasi menggunakan Rust, bukan Solidity atau Vyper. Adapun aplikasi pengguna akhirnya sampai saat ini termasuk DeFi, NFT, game, dan lain-lain.

Baca juga: Prediksi Harga Polygon (MATIC) dan Prospeknya di Masa Depan

Mata uang aslinya adalah SOL, digunakan untuk membayar biaya transaksi dan staking untuk mendukung jaringan, mampu memproses lebih dari 700.000 transaksi/detik. Berikut prediksi harga Solana yang update informasi terbarunya pada kuartal kedua 2022 ini:

  • April 2022, analisis teknis oleh TradingView menyatakan bahwa SOL saat ini menduduki peringkat sebagai aset kripto terbesar ke-7 untuk kategori kapitalisasi pasar.
  • Diprediksi sebagai koin yang akan meledak di tahun 2022.
  • Sempat mengalami pemadaman akibat bug serta penurunan hingga lebih dari 12% pada minggu pertama Juni.
  • Agustus ini, ribuan dompet cryptocurrency berbasis SOL sempat mengalami peretasan dan total kerugian diperkirakan mencapai lebih dari $5,2 juta.
  • Meski pasar cryptocurrency sedang mengalami downtrend, beberapa ahli dan investor memprediksi harga SOL mampu mengalami kenaikan di akhir 2022.

Hal yang Mempengaruhi Naik Turunnya Harga SOL

Sebagai cryptocurrency lainnya, SOL tidak diterbitkan oleh bank sentral ataupun didukung oleh pemerintah. Sehingga, alat kebijakan moneter, tingkat inflasi, dan pengukuran pertumbuhan ekonomi pada umumnya tidak berlaku untuk Solana (SOL).

Lalu, apa saja yang bisa menyebabkan prediksi harga Solana mengalami naik turun? Menurut Analytics Insight, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab turunnya nilai SOL di dunia aset ktripto, antara lain:

  • Anjloknya pasar akibat regulasi FED yang membuat harga kripto tidak stabil
  • Efek peristiwa geopolitik, seperti konflik Rusia-Ukraina atau peningkatan pajak di US
  • Adanya persaingan ketat dari altcoin lainnya
  • Pertumbuhan ekosistem Solana yang dinilai agak lambat
  • Adanya glitch di network Solana yang sering mempengaruhi kinerjanya

Prediksi Harga Solana Menurut Analisis Ahli

Melansir CoinGecko, saat artikel ini ditulis, harga SOL (rank #9) berada di angka $36,48 dengan volume perdagangan $1.355.693.621 dalam 24 jam. Jika dianalisis berdasarkan harga saat ini, CryptoNewsZ memprediksikan bahwa:

  • Akhir 2022 – Nilai minimum Solana diprediksi mencapai $40 di akhir Agustus 2022. Sehingga prediksi short-term hingga akhir 2022 diperkirakan lebih rendah dibanding ekspektasi, yaitu sekitar $50 saja.
  • 2023 – Jika aset ini telah membangun jaringan yang cepat dan andal, fitur-fitur blockchainnya dapat membantu naiknya harga SOL/USD hingga $60.
  • 2025 – Apabila terdapat perubahan dalam kebijakan dan peraturan kripto, bisa saja terjadi ketidakstabilan harga. Namun prediksi terbaiknya, di 2025 aset ini dapat mencapai puncak di sekitar $85.
  • 2030 – Jika terus mengikuti tren pertumbuhannya yang stabil, di 2030 cryptocurrency ini diperkirakan dapat melewati batas $200.

Sebagaimana yang terlihat pada prediksi, aset ini cenderung mengalami kestabilan. Khususnya jika pasar NFT dan DeFi serta sumber daya pengembang koin terus berkembang, bisa saja terjadi peningkatan permintaan untuk Solana.

Baca juga: Berikut Prospek Kripto BNB Selama Beberapa Waktu ke Depan

Terlepas dari risiko maupun peluangnya yang tinggi, SOL masih bisa menjadi investasi bagus selama tidak mengalami crash. Jika menginginkan aset high-risk dengan peluang high-reward, prediksi harga Solana ini patut dipertimbangkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama