Harga Wajar Saham BBRI Terus Menguat, Ini Alasannya

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk optimis bahwa harga wajar saham BBRI akan terus meningkat pada tahun ini.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk optimis bahwa harga wajar saham BBRI akan terus meningkat pada tahun ini, dengan mendapatkan laba bersih mencapai 40 triliun untuk tahun 2022. Dengan prospek tersebut, apakah saham BBRI layak dibeli atau dijual?

Pada enam bulan pertama tahun 2022, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah mampu mengantongi keuntungan Rp 24.8 triliun. Dengan data tersebut, sepertinya target 40 triliun selama tahun 2022 akan cukup mudah untuk didapatkan.

Baca juga: Mari Bedah Saham LAJU untuk Kemajuan Industri Logistik Indonesia

Optimisme BRI ini juga sejalan dengan penyaluran kredit perseroan yang terus mengalami pertumbuhan khususnya dalam segmen mikro. Fakta ini membuat perusahaan bank plat merah tersebut yakin mampu mencapai di atas Rp 40 triliun.

Alasan Harga Wajar Saham BBRI Terus Menguat

Menurut Direktur Utama BRI, Sunarso, saat ini BRI memiliki tiga kekuatan utama untuk mencatatkan pertumbuhan bisnis yang baik. Tiga kekuatan tersebut antara lain yaitu :

  • Memiliki Sumber Pertumbuhan Baru

    Bank BRI memiliki sumber pertumbuhan baru lewat pembentukan holding ultra mikro. Holding ini tidak hanya menjadi sumber pertumbuhan kredit namun juga sebagai sumber kenaikan CASA.
  • Capital Adequacy Ratio (CAR) 25%

    Pada bulan Juni 2022, BRI telah memiliki kecukupan modal atau harga wajar saham BBRI yang kuat. Hal ini ditandai dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) yang mencapai 25%. Sedangkan modal yang sehat biasanya hanya membutuhkan CAR 17% - 18%.
  • Likuiditas Ample

    Likuiditas BRI masih sangat ample atau cukup sejalan dengan rasio dana murah yang tinggi yaitu sebesar 65,1% pada bulan Juni 2022. Dengan likuiditas yang bagus ini, peluang untuk saham BRI terus menguat masih cukup besar.

Harga saham BBRI untuk beberapa waktu belakangan ini masih bergerak di zona hijau. Sejak awal tahun atau secara year to date (ytd) harga saham BBRI naik 400 poin ke angka 9.57%. Sedangkan dalam setahun terakhir, harga saham BBRI kenaikan harga saham BBRI mencapai 920 poin atau 25.14%.

Meski memiliki peluang menguat yang cukup besar, akan tetapi Anda tetap perlu waspada dengan segala kemungkinan jika ingin membeli saham BBRI. Dengan mengetahui harga wajar saham BBRI, risiko dari instrument investasi ini bisa diminimalisir.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama