5 Rekomendasi Saham IHSG Index LQ45 pada Tahun 2022

koncomade.com - Saham IHSG Index LQ45 merupakan salah satu jenis indeks di IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai hal tersebut, kamu harus memahami definisinya terlebih dahulu.

Seperti diketahui oleh banyak orang, saham merupakan surat kepemilikan atas suatu perusahaan atau emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Biasanya para investor memperjualbelikan surat tersebut di pasar modal yang dikelola langsung oleh BEI.

Dari sekian banyak barang yang diperjualbelikan, BEI akan mengumpulkan sejumlah emiten dengan kriteria sama pada suatu kelompok. Kelompok ini terdiri dari beberapa jenis emiten berbeda dan biasa disebut saham IHSG Index LQ45.

Apa Itu IHSG dan Kaitannya dengan Saham

Secara umum, IHSG merupakan singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan yang dalam bahasa inggris sering disebut Indonesia Composite Index (ICI). Pertama kali diperkenalkan pada 1 April 1983 dan menjadi indikator penentu harga di pasar modal.

IHSG merupakan sebuah grafik dan berfungsi untuk menunjukkan pergerakan rata-rata pasar modal di BEI. Adanya IHSG ini membuat masyarakat dan para investor tidak perlu repot menganalisis terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi pasar.

Saham IHSG Index LQ45 merupakan kumpulan 45 emiten pilihan yang dipilih melalui kriteria tertentu oleh BEI. Merupakan singkatan dari Liquid 45 atau 45 emiten paling liquid di Indonesia. Disebut liquid karena sering diperjualbelikan oleh investor.

Indeks ini pertama kali diluncurkan pada bulan Februari 1977. Namun, berdasarkan data historis tercatat mulai tanggal 13 Juli 1994 merupakan peluncuran indeks ini dengan nilai sebesar 100 jenis emiten yang terdaftar bukan 45.

Baca juga: Prospek Saham Unilever: Perseroan yang Loyal Belanja Iklan

5 Rekomendasi Saham IHSG Index LQ45 yang Bisa Dipilih

Dari 45 emiten yang terdaftar dalam indeks ini, kamu pasti bingung untuk memilih apa. Walaupun bisa dibilang sebagai 45 saham terbaik namun bagi pemula banyak yang kebingungan untuk memilihnya. Berikut rekomendasi saham yang terbaik.

  • ASII

Merupakan kode emiten (sebutan bagi perusahaan yang sahamnya dapat dibeli) PT. Astra International, Tbk. Emiten ini bergerak di sektor aneka industri, terdiri dari otomotif dan pembuatan komponen.

Ruang lingkup kegiatan utama perusahan ini bersama anak usahanya meliputi kegiatan perakitan dan penyaluran mobil seperti Toyota, Daihatsu, Lexus, Isuzu dan UD Truck. Selain itu, juga bergerak di bidang penjualan motor dengan merk Honda.

  •  BBCA

Kamu pasti tidak akan asing dengan saham IHSG Index LQ45 ini. BBCA merupakan kode emiten dari PT Bank BCA, Tbk. Bank BCA (Bank Central Asia) merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dan didirikan pada tahun 1957.

BCA memiliki lebih dari 17 juta rekening dan didukung oleh lebih dari 1000 kantor cabang di Indonesia. Selain itu, BCA juga memiliki beberapa kantor cabang di luar negeri seperti Hongkong dan Singapura.

  • CPIN

CPIN atau PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. memiliki ruang lingkup kegiatan utama di pembibitan dan peternakan ayam ras. Salah satu produk yang tidak asing bagi kamu adalah Fiesta Chicken Nugget.

  • TLKM

TLKM atau PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk. saham IHSG Index LQ45 ini merupakan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi. Sekitar 52% kepemilikannya dimiliki oleh pemerintah dan sisanya dimiliki oleh publik. Produk yang kamu kenal adalah Indihome dan Telkomsel.

  • WIKA

Merupakan kode emiten dari PT Wijaya Karya (Persero), Tbk. Merupakan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. Emiten ini cocok buat kamu yang mengerti bidang konstruksi jika masih bingung untuk membeli apa.

Baca juga: Indeks Saham JII beserta Contoh Emiten Pilihannya

Jika kamu adalah investor pemula tidak perlu bingung lagi untuk membeli saham apa. cukup beranikan diri untuk memulai investasi di pasar modal dan jika masih belum yakin lihat kembali rekomendasi saham IHSG Index LQ45 diatas. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama