Rekomendasi Saham Pertambangan di Tahun 2022

koncomade.com - Rekomendasi saham pertambangan selalu menjadi topik pembicaraan hangat tiap tahunnya. Hal ini tentu saj dipengaruhi oleh kinerja yang sangat baik oleh sektor tambang. Bahkan hampir sebagian besar saham di sektor ini memiliki dividend yield yang besar.

Secara umum dividen yield adalah tingkat pengembalian dalam bentuk tunai kepada pemegang saham. Hal ini juga termasuk salah satu indikator kenapa para investor suka berinvestasi kepada perusahaan tertentu.

Selain dividend yield, terdapat alasan lainnya mengapa investor masih suka berinvestasi di sektor ini. Karena pertambangan menghasilkan barang komoditas yang tiap tahunnya nilainya akan selalu naik sehingga kamu perlu mengetahui rekomendasi saham pertambangan.

Mengenal Apa itu Sektor Pertambangan

Seperti yang kamu ketahui tentang saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan dan dimiliki oleh investor. Saham-saham ini akan terbagi menjadi beberapa sektor sesuai dengan latar belakang perusahaannya.

Salah satu dari sektor favorit investor adalah sektor pertambangan. Secara umum sektor ini merupakan kumpulan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan seperti batu bara, emas, dan nikel.

Rekomendasi saham pertambangan mendapatkan keuntungan dari hasil jual beli hasil tambang kepada perusahaan lain baik di dalam maupun luar negeri. Harga jual hasil tambang juga mengikuti pasar komoditas internasional.

Baca juga: Prediksi Saham MD Pictures: KKN Desa Penari Beri Efek Positif

Sektor Tambang Meliputi Apa Saja

Kamu pasti berpikir bahwa saham di sektor ini hanya terdiri dari perusahaan tambang saja. Namun banyak juga perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan gas dan minyak bumi. Sektor pengelolaan gas dan minyak bumi masih menjadi kesatuan dalam pertambangan.

Perusahaan pada sektor ini kebanyakan bergerak di industri pertambangan emas (ANTM), batu bara (PTBA), Timah (TINS), dan gas bumi (PGAS). Kebanyakan hasil tambang ini merupakan komoditas dan nilainya akan terus naik.

Hal inilah yang menjadi dasar investor masih suka berinvestasi di sektor ini. jika nilai harga jualnya selalu meningkat maka dapat dipastikan harga sahamnya juga akan naik. Namun terdapat beberapa kriteria rekomendasi saham pertambangan yang harus diperhatikan.

Mengetahui Kriteria Saham yang Bagus

Jika ingin berinvestasi pada surat kepemilikan perusahaan, kamu harus memperhatikan beberapa kriteria. Pertama perhatikan bagaimana kapitalisasi pasarnya, jika besar maka emiten ini memiliki prospek bagus kedepannya.

Kedua, pendapatan per tahunnya harus selalu naik. Jika pendapatan terus naik maka dapat dipastikan perusahaan selalu untung. Jangan sampai kamu berinvestasi di rekomendasi saham pertambangan yang merugi maka akan dapat dipastikan harga sahamnya akan turun.

Ketiga, perhatikan dividend yield dari suatu saham. Karena investor mendapatkan uang atas pengembalian modal dalam suatu saham dalam bentuk tunai melalui dividen. Makin besar nilainya maka makin tinggi juga uang yang akan kamu dapatkan.

Rekomendasi Saham Pertambangan pada Tahun 2022

Setelah mempelajari berbagai istilah dasar sektor pertambangan, inilah saatnya kamu untuk mulai berinvestasi. Jika masih bingung, berikut beberapa emiten pilihan yang dapat kamu coba beli.

Baca juga: Prospek Saham DILD: Saham Portofolio Lo Kheng Hong

  • PTBA

PT Bukit Asam, Tbk. merupakan perusahaan BUMN yang berfokus pada pengoperasian pertambangan batu bara. Didirikan pada Maret 1981, perusahaan ini menjadi idola para investor karena memiliki dividend yield yang tinggi yaitu 16,79%.

  • ANTM

PT Aneka Tambang, Tbk. merupakan perusahaan BUMN yang kegiatan bisnisnya mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan, dan pemasaran sumber daya mineral seperti emas. Perusahaan ini memiliki dividend yield yang kecil namun harganya selalu naik di pasaran.

  • PGAS

PT Perusahaan Gas Negara, Tbk. adalah anak perusahaan pertamina yang bergerak di bidang eksplorasi gas alam. Emiten ini juga memiliki dividend yield cukup tinggi, yaitu 7,61%. Dividen yang dibagikan juga cukup besar yaitu Rp. 124,42 per lembar sahamnya.

Hampir semua emiten sektor tambang favorit merupakan BUMN. Hal tersebut merupakan alasan kamu harus berinvestasi di sektor ini karena keamanannya sudah terjamin. Segera berinvestasi di rekomendasi saham pertambangan tersebut supaya tidak ketinggalan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama