Bedah Saham Halo, dan Bagaimana Cara Membelinya

Dengan bedah saham Halo, Anda jadi lebih mengetahui tentang saham HALO, keuntungan yang didapat ketika melakukan investasi pada saham HALO. termasuk cara membeli saham HALO di IPO.

Saat ini, ada cukup banyak saham baru yang ikut ditawarkan dan mulai diperjualbelikan di BEI. Salah satunya ada HALO. Terutama Anda yang pemula dalam hal jual beli saham, mungkin kebingungan akan saham yang satu ini. Walaupun termasuk saham baru, namun ternyata peluang untuk terus naik, terbilang cukup terbuka lebar. Bagi Anda yang penasaran akan saham HALO, berikut akan kita bedah saham Halo tersebut.

Apa itu saham HALO

Sebelum membahas atau bedah saham Halo, lebih dalam, ada baiknya jika Anda mengenal apa itu saham HALO, dan berasal dari mana saham tersebut. Pastinya Anda tidak akan mungkin mau membeli satu saham, misalnya saja saham Western Digital, tanpa mengenal saham tersebut, dan bagaimana sepak terjangnya dalam dunia saham. Apalagi jika saham tersebut terbilang baru.  

Saham HALO sendiri, berasal dari PT. Halo Jane Tbk, sebuah perusahan yang memproduksi sarung tangan sekali pakai, untuk berbagai macam keperluan, baik itu untuk kebutuhan apoteker, pelayanan kesehatan, salon kecantikan, dan yang lainnya.

Produk sarung tangan tersebut, kemudian didistribusikan dengan 2 buah merek, yaitu Myguard Glove dan juga Shamrock Gloves. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat sarung tangan tersebut, yaitu bahan lateks, yang diperoleh dari perkebunan dan fasilitas yang ada di Banyuasin Sumatera Selatan. Sedangkan produk sarung tangan tersebut, nantinya akan didistribusikan ke pasar domestik dan juga diekspor ke 50 negara tujuan lan, yang ada di seluruh dunia.

Bisa dibilang Saham HALO ini termasuk ke dalam salah satu jenis saham IPO, seperti halnya saham Astro. IPO sendiri, tidak lain penawaran umum perdana, atau penawaran saham kali perdana, pada para investor serta masyarakat umum. 

Dimana bisanya untuk penawaran perdana tersebut, saham akan dikelola oleh pihak bank, yang memang membantu investasi dari perusahaan tersebut Tujuannya untuk memudahkan proses pencatatan saham di Bursa Efek Kelak. Yang artinya saham HALO, tidak seperti Ace saham yang memang sudah ada sejak lama di dunia Bursa Saham.  

Selain itu ada yang menarik dari saham HALO. Jika menilik dari prospectus HALO, dana yang didapat dari saham yang berhasil dijual, nantinya akan digunakan sebagai modal kerja, mulai dari membeli bahan baku, bahan penunjang produksi, membeli bahan bakar, membayar gaji para karyawan pabrik dan kantor, dan hal lainnya.

Yang artinya secara tidak langsung pembelian saham yang ada akan digunakan untuk kebutuhan produksi. Secara otomatis adanya offering atau saham yang ditawarkan tersebut, akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik pihak perusahaan dan juga pihak investor, itu sendiri. 

Keuntungan yang akan diperoleh oleh pihak perusahaan adalah modal untuk mengurus perusahaan jadi lebih baik, atau bahkan untuk melakukan ekspansi ke bidang lain. Sedangkan untuk investor seperti Anda, keuntungan yang diperoleh berupa, kenaikan saham, karena perusahaan yang bergerak terus ke arah yang lebih baik.

Harga saham HALO

Setelah mengetahui tentang saham HALO, berikutnya Anda perlu mengenal berapa saham per lembar HALO. Saham HALO ini sendiri pertama kali ditawarkan pada 1 Februari 2023, dengan harga initial public offering atau IPO sekitar Rp 100 per lembar saham.


Saat ini HALO sudah melepas sekitar 1.13 miliar saham ke pasaran. Sedangkan saham tersebut akan dicatat di Bursa Efek Indonesia atau BEI, pada tanggal 8 februari 2023. Yang menarik, HALO, juga sudah menerbitkan waran untuk seri I, sebagai bonus untuk pemegang saham barunya.

Kemunculan dari saham HALO ini memang disambut baik, oleh pasar. Hal tersebut terlihat dari naiknya harga saham HALO, sebagai akibat dari permintaan saham yang cukup banyak. Dimana yang awalnya ditawarkan sekitar RP 100 per lembar, kini merangkak naik menjadi Rp 166 per lembar saham, atau naki sekitar +34,94%. Hal tersebut kurang lebih sama seperti Wood saham, yang terus mengalami kenaikan yang cukup berarti.

Cara membeli saham HALO

Mengingat saham HALO menyediakan saham Initial Public Offering atau IPO, maka yang harus Anda lakukan adalah beli saham Ipo, untuk membeli sham HALO. Adapun cara membeli saham IPO, berbeda dengan cara beli saham Nasdaq, atau juga cara beli saham Apple. Dimana umumnya Anda akan masuk langsung ke Bursa pasar atau membeli melalui pihak broker saham, seperti cara beli saham Netflix.

Kali ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, untuk membeli saham HALO tersebut, yaitu bergabung dengan para investor di IPO. Saat ini BEI sudah menyediakan layanan online, untuk membeli saham IPO, salah satunya saham HALO.

Anda dapat langsung mengunjungi IPO di dalam website resmi IPO. Namun sebelum melakukan pemesanan, ada baiknya Anda sebagai investor, mempunyai Nomor Tunggal Identitas Pemodal, atau juga Single Identification / SID, serta rekening di efek, pada salah satu perusahaan Sekuritas yang ada. Pastikan perusahan Sekuritas tersebut, sudah terdaftar sebagai partisipan terlebih dahulu.

Berikut ini adalah cara yang harus Anda lakukan untuk membeli saham HALO, melalui e-IPO, yaitu :

  • Masuk ke laman situs resmi dari e-IPO. Kemudian pilih menu register, langkah berikutnya masukkan alamat email yang akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi.
  • Isi “Tipe Investor”, misalnya saja Anda adalah seorang individu atau juga institusi. Artinya siapa saja dapat membeli saham perusahaan maupun, seperti misalnya saja Gojek beli saham Blue Bird atau yang lainnya.
  • Isi data diri dengan benar, kemudian lakukan autentifikasi, dengan mengklik tautan yang sudah dikirim melalui email. Terakhir masukkan kode OTP.

Setelah proses pendaftaran di e-IPO sudah selesai,maka berikutnya Anda akan melakukan proses verifikasi oleh broker yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Pastikan sebelumnya Anda sudah mempunyai SID, guna memudahkan proses verifikasi. Selain itu pastikan broker atau Sekuritas yang ditunjuk sebelumnya, sudah terdaftar di BEI.

Apabila langkah tersebut, sudah selesai, maka berikutnya Anda dapat mulai membeli atau memesan saham HALO, yaitu :

  • Pilih saham IPO HALO. Dilanjutkan dengan klik “More Info”.
  • Isi formulir pemesanan, dan masukkan juga kode OTP yang ada.

Jika sudah, maka pesanan Anda akan disimpan dan akan menunggu proses verifikasi pesanan oleh pihak partisipan sistem tersebut. Dalam hal ini, pastikan Anda sudah mempunyai Rekening Dana Nasabah atau RDN.

Adapun langkah terakhir untuk membeli saham e-IPO HALO, Anda dapat melihat hasil penjatahan pada menu “History”. Dalam hal ini, terdapat beberapa perintah atau informasi dari status penjatahan tersebut, seperti :

  • Allotted atau memperoleh penjatahan
  • Allotted w/ Scale Back atau memperoleh penjatahan yang disesuaikan.
  • Not Allowed atau tidak memperoleh penjatahan atau penjatahan belum dimulai ketika IPO masih dalam tahap building dan juga offering.  
  • Not Carried Over atau pesanan tidak dapat diteruskan, atau tidak memperoleh jatah.

Dari bedah saham Halo di atas, tentunya dapat disimpulkan, bahwa Saham Haloni Jane, memang mempunyai peluang menarik dan baik, untuk dapat terus berkembang, dan tentu saja menjadi salah satu jenis investasi menarik yang dapat Anda pilih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama