5 Pertimbangan Sebelum Membeli Saham Western Digital

Pertimbangkan matang-matang 5 aspek ini sebelum beli saham Western Digital agar investasi saham lebih menguntungkan.

Membeli saham perusahaan luar negeri memang menggiurkan. Apalagi kalau perusahaannya bergerak di bidang teknologi informasi seperti Western Digital. Namun, bukan berarti kamu bisa sembarangan beli saham Western Digital.

Kalau ingin cuan, kamu harus punya strategi yang matang saat terjun ke investasi saham. Nah, buat kamu yang masih pemula, sebaiknya pertimbangkan 5 hal berikut ini sebelum beli saham luar negeri ataupun bedah saham halo

1. Harga Saham yang Ditawarkan

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum beli saham perusahaan luar negeri adalah harga sahamnya. Sesuaikan harga saham yang akan kamu beli dengan budget yang kamu punya. Selain itu, pastikan harganya masih wajar dan tak terlalu tinggi. 

2. Besarnya Market Cap Dari Saham yang Dibeli

Istilah market cap mungkin masih asing buat pemula. Market cap sendiri adalah besarnya uang yang harus keluarkan untuk membeli seluruh saham perusahaan. Besarnya market cap ini bisa kamu gunakan untuk menilai seberapa besar perusahaan tersebut.


Makin besar market cap-nya, maka makin besar juga perusahaannya. Nah, biasanya perusahaan dengan market cap tinggi berada di first liner. Istilah lainnya adalah saham bluechip. Saham-saham seperti inilah yang menjanjikan keuntungan besar karena stabilitasnya terjamin.

3. Lakukan Diversifikasi Investasi 

Sebelum beli saham Western Digital, kamu harus paham dulu kelebihan dan kekurangan dari investasi ini. Sekalipun return-nya tinggi, tapi investasi saham juga punya risiko yang tinggi. Pemula yang tidak memiliki strategi matang dalam berinvestasi saham berpotensi mengalami kerugian.

Makanya, kamu perlu melakukan diversifikasi investasi. Dengan kata lain, jangan gegabah dan menghabiskan semua uangmu untuk membeli saham. Cara ini akan membantu meminimalisir risiko kerugian yang kamu alami.

Selain melakukan diversifikasi investasi, jangan lupa menyediakan dana darurat. Hal ini akan membantu keuanganmu tetap stabil ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama berinvestasi saham.

4. Kemampuan Perusahaan Menghasilkan Keuntungan

Membeli saham perusahaan luar negeri tidak menjamin kamu terhindar dari kerugian. Sebab itu, pertimbangkan baik-baik kemampuan perusahaan tersebut dalam menghasilkan keuntungan. Kalau ingin mendapatkan keuntungan besar, kamu harus jeli dalam melihat perusahaan yang nilai capital gain-nya terus naik.


Selain itu, lihatlah apakah perusahaan tersebut membagikan dividen kepada pemegang saham atau tidak. Untuk mengetahui kedua hal tersebut, kamu bisa melihatnya melalui laporan tahunan perusahaan.

5. Prospek Perusahaan Di Masa Depan

Aspek lain yang tak kalah penting adalah prospek perusahaan di masa depan. Lihatlah bagaimana kemungkinan Western Digital berkembang dalam lima tahun, sepuluh tahun, atau sesuai dengan tujuanmu berinvestasi.

Lima aspek di atas harus dijadikan pertimbangan bagi pemula sebelum beli saham Western Digital. Dengan mengetahui prospeknya di masa depan, kamu bisa tahu apakah perusahaan tersebut akan mengalami peningkatan keuntungan atau tidak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama