4 Cara Beli Saham Apple Buat Pemula, Jangan Cuma FOMO

Cara beli saham Apple buat pemula biar cuan terus dan nggak asal Fomo. Kunci utamanya ada di perusahaan broker yang kamu pilih.

Saham masih jadi salah satu instrumen investasi yang diminati kaum millennial. Besarnya return yang diperoleh jadi alasan utama kenapa banyak orang tertarik membeli saham perusahaan bonafit dalam negeri maupun luar negeri seperti Apple. Lalu, gimana cara beli saham Apple?

Buat pemula, jangan asal Fomo jika ingin terjun ke investasi ini. Sebab dibalik keuntungan yang besar dari bedah saham halo, ada risiko yang cukup tinggi. Sekalipun yang dibeli adalah saham perusahaan sekelas Apple, bukan berarti tak ada kerugian yang mengancam. Makanya, sebelum beli saham perusahaan produsen iPhone ini, pahami dulu cara-cara berikut agar tidak salah langkah.

1. Jangan Sembarangan Memilih Perusahaan Broker 

Sama seperti membeli saham perusahaan luar negeri lainnya, kamu harus memilih perusahaan broker terbaik kalau ingin beli saham Apple. Pertimbangan utama dalam memilih broker adalah legalitasnya. Jika broker yang kamu pilih berasal dari dalam negeri, maka pastikan perusahaan itu terdaftar di OJK dan BAPPEBTI.

Sedangkan untuk broker internasional, perusahaan harus mengantongi izin resmi dari pemerintah Indonesia dan lisensi dari Financial Conduct Authority (FCA) UK atau Australian Securities and Investment Commission (ASIC) atau The U.S. Securities and Exchange Commission Amerika Serikat seperti TD Ameritrade atau Charles Schwab.


Perusahaan broker dengan rekam jejak baik biasanya juga punya aplikasi dan customer service yang profesional. Terakhir, cermati kebijakan investasi perusahaan sekuritas. Beberapa perusahaan broker menerapkan biaya transaksi saja. Namun, sebagian lagi juga menerapkan biaya pajak.

2. Buatlah Rekening Saham Di Perusahaan Broker

Cara beli saham Apple yang kedua adalah membuat rekening saham di perusahaan broker yang kamu pilih. Fungsi rekening ini adalah untuk bertransaksi jual beli saham Apple. Selain rekening, biasanya kamu juga akan dibuatkan akun trading di perusahaan tersebut.

Setiap transaksi yang kamu lakukan akan dipantau lewat akun trading ini. Nah, saat tahap pembuatan akun ini biasanya perusahaan broker akan menawarkan berbagai layanan. Cermati baik-baik layanan yang mereka tawarkan dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Kirim Deposito Untuk Mengaktifkan Akun

Agar akunmu aktif dan bisa beli saham Apple, kamu perlu mengirim deposito terlebih dahulu. Jumlah deposito di tiap-tiap perusahaan broker tidaklah sama, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Besarnya deposito biasanya akan diinfokan pihak perusahaan broker ke email kamu.


4. Siapkan Modal Untuk Beli Saham Apple

Cara terakhir dan yang paling penting, siapkan modal buat beli saham Apple. Nilai saham Apple sendiri cukup tinggi per lembarnya, yakni sekitar 155,85 USD atau sekitar 2 jutaan. Namun, tak perlu khawatir, karena pasar saham luar negeri memperbolehkan membeli 1 lembar saham saja.

Itu tadi 4 cara beli saham Apple yang harus dipahami pemula.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama